ETIKA PENDENGAR SETIA

     Salah satu kesalahan utama yang sering berlaku dalam sebuah hubungan pertemanan ialah tidak mampu menjadi pendengar yg baik.Sebagai seorang teman harus menjadi tempat yg paling tepat untuk seorang teman mencurahkan segala isi hatinya.Ini karena setiap individu memiliki impian,masalah,atau perasaan yg ingin di bagi bersama individu lain.
Tahukah anda bahwa untuk menjadi seorang pendengar harus mengetahui seni mendengar.Seni itu amat penting dalam menjaga sebuah hubungan pertemanan,tanpa seni ini anda mungkin tidak tahu apakah masalah yg sedang berlaku dalam hubungan pertemanan yg sudah terjalin.

Perhatian.....
     Salah satu yg sering dilakukan oleh seorang teman setiap kali mendengar rintihan dan masalah yg diceritakan,kita tidak pernah merasakan memiliki waktu yg banyak dan terlalu sibuk mendengar cerita dari teman kita.sehingga di saat si teman mengadukan masalahnya anda sering mengambil mudah bahkan mendengar sambil buat kerja lain,lebih parah lagi sekiranya anda membuat andaian subyektif dlm pikiran anda.seolah2 meletakan kesalahan pd diri teman tanpa mendengar cerita sepenuhnya.
       Perkara ini ternyata mampu merusakan sebuah hubungan,Sebagai teman anda perlu memberikan komitmen yg sewajarnya.Kunci kejayaan sebuah hubungan terletak pada kepribadian seseorang untuk menjadi pendengar yang baik.

Berlatih menerima kritikan....
        Sebagai teman perlu bersifat terbuka dan bersedia menjadi pendengar setia pd teman,malah teman berhak memberikan kritik dan saran,jadi harus belajar menerima kritik,menganggap nya sesuatu yg positif.
Tips jadi pendengar yg baik:
1.Biasakan diri dgn meminta pendapat dari seorang teman.Secara tidak langsung dapat melatih anda untuk menjadi seorang pendengar yg baik dr waktu ke waktu.
2.Jaga bahasa tubuh anda agar tetap memberi isyarat positif  bahwa anda memberikan perhatian pd cerita yg disampaikan teman kita.contoh fokus kan mata,juga anggukan kepala sebagai anda memahami apa yg d sampaikan.
3.Walaupun anda belum mengerti tentang cerita yg di sampaikan teman kita.sebaiknya anda tunggusehingga cerita selesai...baru bertanya agar tidak mengganggu konsentrasi yg sedang bercerita.
4.Berikan respons positif sewaktu teman menyampaikan pendapatnya.dengan cara ini teman akan merasa di hargai.
5.fokuskan perhatian
6.Luangkan waktu walaupun lagi sibuk....

     Jadikan orang yg terdekat menjadi teman kita...Orang tua.anak.saudara juga orang2 yang terdekat denagn kita....
  

Di kesempatan ini pa mau majangin award dr seorang teman+sahabat ayas yg konon umur blognya udah genap setahun...moga tahun ke depannya lbh bersemangat,juga sukses dalam segala hal....bisa nggak y Pa kopdar pakai mobil ni.....jiahhhhhh kerennnnnnnn.

32 komentar:


Makasih utk tipsnya ya...
Selamat utk awardnya..



award krn jd pendengar yang baik ya?
kalau komentator yg baik gmn kriterianya ? :D



yup mendengarkan curhat teman itu yg penting. btw, selamat awardnya ya. bawain bubur bayam nih. hehehe



iy emang kadang susah juga jadi pendengar yang baik itu mbak ^^ btw ty awodnya dah dipajang :D



susahnya jadi pendengar yang baik, karena kebanyakan orang lebih suka bicara dibanding jadi pendengar. ehehehehe...
semoga kita mampu jadi pendengar yang baik yaa

congrats buat awardnya!



wah klo ada yg jadi pendengar setia bisa jd tempat curhat ya.

hwhehhe...



wah dapet aword dari ayas tukang las ya hehehe
iya tuh dah 1 tahun dan tuwa ya!!! *awas ada ayas KABORRRRR!!!*



Mksih buat Tipsnya Neng,Kebtulan lg bljar jadi pendegar yang baik..

Oia Slmat buat Awardnya



makasih banyak atas tipsnya.... kayaknya benner banget nih.
Selamat dan sukses buat awardnya.



mendengar juga merupakan salah satu yang sulit dalam komunikasi. Karena kecendrungan manusia biasanya berbicara terus. Karena itu kalau kita bisa menjadi pendengar yang baik, maka kita juga akan menjadi seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik.
Eh salam kenal dulu... Mampir kesini karena gosip heboh yang dibuat Bang Ais.. wakakakakaka



keren tipsnya mbak...
orang banyak yang suka bicara tapi malas mendengar...



kalau diingat2, ditempatku banyak yang ingin didengarkan..hehe.memang harus seimbang, selain ingin didengarkan juga harus mau mendengarkan. nice articel. thx



gimana kalo teman kita yg gak mo dengerin kita? ngoceh terus...



@bang ais harus curhat mumpung
@bang fiko jd asistennya bang ais y setelah om attayaya
@teh fanny bilangin ma temennya coba dengerin gitu klo masih sama sumpel aja pk silverqueen,di jamin deh diem dengerin,tp gak d jamin ngerti



dimana ais ngumpet???
aaaargggghhhh

aku udah bawa amnusi bom, nukir, meriam, kanon, rudal
kejarrrrrrrrrrrrr



Tipsnya oke banget Non, memang sebagai sahabat kita harus menjadi pendengar yg baik.

Selamat ya Buat awardnya, hehee... saya juga dapat



Tipsnya Oke...
buat aku ni yang sedikit cuek, ngga dink, ngga cuek, aku perhatian kok :D



wah, seharusnya ini judulnya "tips jadi pendengar yang baik". Pasti banyak yang nyari..

hehe, salam kenal



Ya.. [Hehehe,komen tersingkat saya]



pembicara yang baik adalah orang yang mau mendengar orang lain berbicara



dari dulu saya adalah pendengar setia...makanya seringkali ada temen yang curhat ke saya ini makasih tipsnya ya mbak....



Selamat atas awardnya, juga makasih atas tips2nya. pendengar yang baik, mudah didengar tapi, tidak untuk diamalkan *lho( Saya bukan pendengar yang baik :D



Selamat Awardnya Elpa eh iya pendengar yang baik nice post



wah bagus buat refleksi diri.hehe..soalnya aku dibilang sama temen klo aku kesannya nyuekin padahla benernya ndegerin :)



pdahal kami udah jadi pendengar yang baik untuk "dia" tetapi dia malah pergi meninggalkan kami ...
menyedihkan ...



triknya emank mantap..salam kenal juga



Menurut ane menjadi pendengar tu lebih susah jadi pembicara...karena manusia itu pada banyak yang berkeluh kesah dari ada berssyukur...bener g??



luar biasa sekali infonya sangat bermanfaat...
Saya berkunjung ke blog ini banyak pengetahuan yang saya dapatkan...
Terimakasih banyak atas informasinya
Semoga semakin sukses...



Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Banyak pengetahuan saya dapatkan setelah saya menyimak artikel di blog ini...
Ditunggu postingan selanjutnya...
Semoga semakin suksesnya....



Informasinya ternyata sangat menarik dan sangat bermanfaat sekali...
Ternyata banyak sekali pengethaun yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini....
Terimakasih banyak infonya ...
Semoga semakin sukses


Post a Comment

Followers

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U