PENGHIANATAN

       Duduk di atas rumput yg hijau diatas bukit di bandar hilir...suasana yg sepi,hening.
duduk memeluk kaki,ku pandangi laut yg biru d kejauhan sana.
damai...tp tiba2 kenangan masa lalu muncul satu persatu,riri rs pilu kenapa hrs teringat kembali
susah mau melupakan..
Awal perkenalannya dengan lilo bukan kebetulan tp memang tiap hari berjumpa riri ama lilo satu departement
di kilang yg sama yaitu panasonic sdn bhd.
Tadinya riri tak perasan kalo disebalik kebaikan lilo ada menaruh harapan yg tinggi tentang bias-bias asa.
buat riri tak ada pikir apa-apa kebaikannya wajar aja,disitu riri pekerja baru masih perlu bimbingan
sudah sewajarnya riri terima pelayanan macam tu.
tp tidak untuk orang lain,teman-teman riri berpandangan lain ada udang di sebalik batu...iin teman baik riri bagi tahu...   :"ri" kayaknya lilo itu menyimpan perasaan lain
                riri   :lain gimana sama aja kok seperti dia melayan kamu,namanya jg aku orng baru masih
                        banyak yg perlu ku pelajari,lagipun klo ku dah bisa semuanya yg senengkan dia
                        nggak ada yg nyusahin lg
                 iin  : kamu tak paham ri,sorot matanya itu lain...ok kita liat kelanjutannya nanti

Itu sepenggal obrolan yg kuingat,semenjak saat itu riri jadi terpikir,dia tak mau klo dia di bedain dngn yg lainnya.buat nya riri sama2 bekerja buat salah sepatutnya kena marah,tapi riri tak pernah dapat perlakuan yg kasar lain dng teman2nya,tiap kali buat kesalahan pasti kena marah.
riri tak mau temen2 nya merasa iri terhadapnya atas perhatian yg d berikan lilo,pun teman lainnya ada yg sampai menyindirnya uh sakitnya.
Tp smua itu dia telan bulat2.riri tak pasti apa yg dirasakan lilo.
          3bulan sudah ku bekerja di kilang tu semua pekerjaan dr operation mesin sampe yang terakhir paking sudah riri kuasai,riri pekerja rajin jg mau belajar tak kira sama siapapun...
banyak yg menyukai riri,riri terkenal ramah juga.
           sepulang dr kerja bnyak orng kumpul depan guard hostel..."ada pa y" riri mendekat ke sekumpulan  teman2nya...di bacanya borang pengumuman yg tertampal di white board...isinya bulan depan di adakan diner perusahaan ini merupakan kemuncak tahunan dimana pihak pengurus kilang akan membagikan hadiah buat pekerja yg berprestasi ini untuk merangsang pekerja berbuat yang terbaik buat perusahaan.
di kepala riri terbayang bagaimana suasana diner nanti yg akan di buat di hotel equatorial melaka.
dia ingin tampil cantik time dinner nanti.
smua teman riri sibuk mempersiapkan diri untuk tampil di acara tahunan itu,sibuk pilih baju yg akan di pakai ada aja tingkah mereka beli baju ni tak kena,tak sesuai trus beli baju lain harinya sampai betul2 rs puas.ternyata riri pun sama dia bingung mau pake baju apa....
              Sabtu sore tnggal 10 desember riri berpakaian gaun hitam polos separas mata kaki dia sengaja pergi ke salon untuk make over wajahnya biar keliatan lain.di pandangi dirinya depan cermin rs tak percaya sungguh cantik riri merasa kagum akan dirinya sendiri puas dengan hasil karya salon itu.
dia kluar dr salon  dengan penuh percaya diri.
riri melangkahkan kaki menuju bas yg sudah menunggu untuk menghantar smua pekerja ke hotel equatorial.
sesampainya di sana riri mengambil tiket masuk dan diserahkan ke panitia yg jaga d dpn pintu,panitia mengoyak ujung tiket yg ada nombor untuk di masukan ke tong cabutan bertuah.
acara demi acara berlanjut ternyata riri pd mlm itu menjadi sorotan kamera,y riri adalah peserta bertuah sebagai peserta yg teranggun d pesta itu bnyk orng yg kagum akan keayuannya.
riri merasa salting......hingga di acara dancing lilo lalu di meja riri menghampiri riri
mengajak riri dancing...riri tak sempak menolak lilo sudahpun menarik tangannya,berjalan ke depan mereka berpasang2an.
mereka berhadapan sambil ikut rentak music yg dimainkan dj....hingga di pertengahan lagu lilo membisikan kata2 cinta..riri sempat deg degan,dipandangnya mata lilo mencari kebenaran akan kata2nya.
betul ke apa yg km cakap tu....
lilo menganguk memberi kepastian..tak tahu ku mau jawab apa,riri bingung merasa terperanjat
jngan di jawab sekarang pikir dulu,tenangkan hati mu harap ku km bs nerima aku bisik lilo kemudian.
oh ya riri pulang nanti biar ku hantar tak usah naik bas.riri mengangguk.
         Acara diner berakhir dngan gemilang para peserta tersenyum puas y sesuai dgn apa yg diharap riri jg teman2nya.
Di luar sudah menanti lilo riri mengikuti ke arah mobil lilo,rs segan mau menaiki mobil tu di sendiri ..
mobil pun bergerak meninggalkan hotel menuja ruamah tinggal riri.
di dlm mobil riri tak berbual bnyk dia msh rs kikuk lain bkn seperti biasanya sebelim lilo menyatakan perasaannya.
 seminggu berlalu lilo call riri...assalamualaikum...waalaikum salam jawab riri di talian.
apa kbr riri hr ni,boleh abang ajak riri gi makan d luar,kita gi klebang makan ikan bakar kat sana
ups riri terdiam tak bs jawab..
halo...riri kenapa ni lilo bersuara
ooohhh   tak apa gugup riri menjawab..er   meu kemana kita..
waw maknanya mau ya.. ok abang tunggu depan pintu gerbang hostel riri y
10 menit lg ya....

riri menyiapkan diri simple baju yg d pake t'shirt ama celana panjang jeans,di poles bedak tipis sederhana,bibirnya di poles lips warna natural
10 menit sudah ontime dia jalan keluar menuju mobil milik lilo,didalam lilo tersenyum trus berucap
cantik riri hari ni....riri tersipu malu.
liloaa riri menghabiskan hr di pantai klebang...saat itu bermula perhubungan mereka.
tiap hari dilalui dgn penuh keceriaan.riri d perkenalkan dgn smua ahli kluarga lilo,mereka senang,suka dng riri yg sederhana walaupun berbeda negara riri dr indonesia,sedang lilo asli anak jati malaysia.
tp buat mereka tak ada perbedaan sama2 satu rumpun.riri sudah menjadi bagian dr kluarga lilo mereka sayagkan riri...sampai2 kdng lilo merasa iri...ah itu hnya pemikiran sesaat.lilo paham keluargannya sngat mengharap dia cpt berumah tangga.
        masa kontrak kerja riri habis riri harus pulang ke indonesia,dengan harapan abangnya ikut sama tp ada sesuatu yg tk blh saat itu lilo tak bs pergi sama ke indonesia.lilo berjanji akan menyusul.
riri pulang dngn rs kecewa.
3 bln sudah riri tinggal di kampung halaman merka masih berhubung via hp,seminggu sekali lilo ada cll jg ahli keluarga lilo ada call riri menyuruhnya datang balik.
rasa bosan duduk diam d rumah akhirnya riri daftar kerja lg ke malaysia tmpat yg sama tp lain kilang.
sebulan kemudian dngan proses yg cepat riri menginjakkan kakinya lg d bumi malay...hal yg pertama di lakukan adalah call lilo memberitahukan kedatangannya.
lilo merasa gembira didatanginya riri d tempat yg baru.
tapi ada yg lain riri rasakan...perasaan riri mengatakan ada sesuatu tp riri tak tahu itu apa.
sikap lilo yg berubah,dia tetap layan riri tp yg riri rasa tak sama seperti dulu macam di buat2.
selang 2 bulan riri beranikan diri menanyakan sesuatu...
lilo ku harap jujur sama aku,ada apa? kenapa perasaan ku mengatakan ada yg d sembunyikan.
jujur lebih baik apapun itu riri bisa trima dr pd riri tertanya2 trus.
lilo terdiam sesaat trus bersuara "riri jgn marah y klo abang mengatakan sesuatu harap riri mau paham, abng pun tersiksa karenanya...
cakap lah bang riri dengar...
ri sepulangnya riri dulu ada anak br dr indonesia jg wajahnya seiras riri,abang teringatkan riri,riri jauh
trus abang berbaik2 dengan nya tak tahu abang ajak jalan dia abg suka dia..
uh sakitnya tp riri cuma dengar kan aja trus..
tp abang dah jalan sebulan dngan nya br abang tahu sifat aslinya dia slalu pergi ke disco ada ajak abng juga tp abng tak mau g disco tak suka.akhirnya abang jauhi dia,tapi dia slalu mendekati abng merayu abng dan akan berubah demi abang tp ri betul abang tak mau dia lg.
oh kejamnya abang dah sia2 kan kesetiaan riri akhirnya riri bersuara.
ri abang minta maaf,abang sayang riri...
uh laki2 tak punya perasaan....
lilo bersimpuh di kaki riri memohon ampun atas pengkhianatannya.
riri tak kluar sepatah kata pun bnyk diam tak perduli apa yg dilakukan lilo
akhirnya riri minta pulang,lilo pun menghantarnya membiarkan riri menemukan ketenangan karena untuk saat ini cakap pun percuama.
Setibanya di rumah riri lngsung masuk kamar dia baring tanpa menukar baju dulu,hatinya terasa sakit,hancur berkeping2..betul apa yg dia rasakan semenjak dtng malay lg.perasaan yg kuat hingga memaksa kejujuran itu kluar.apa yg hrs riri buat....trima dia dam memaafkan nya atau meninggalkan nya.tp perasaan cinta itu msh ada..
hanya pada TUHAN saja riri memohon di beri jalan yg terbaik.
         Hari minggu kakak lilo call suruh riri datang rumah ada acara syukuran.kalau bukan permintaan kakaknya riri malas menginjak rumah tu yg berpenghuni lilo.
Tapi sebisa mungkin ku tutup perasaan yg sedang berkecamuk di dada ini,ku buat seperti biasa.bahkan lilo mengajak ngobrol pun ku layan seperti biasanya krna takut kluarganya menyadari sikapku.
ku bisa memaafkan walaupun masih sedikit.
acara syukuran sudahpun habis rumah dah di kemas sampai sore smua dah siap tinggal rehat kami duduk2 di halaman...hingga tinggal riri dengan kakaknya lilo.
ku berbual sampai kutanyakan perihal nita cewek selingkuhan lilo,kakaknya teperanjat kok riri tahu...
riri jawab abang yg bagi tahu
ya kakak tahu nita lilo ada ajak dia datang mari,tp ri...kakak tak berkenan dgn dia,kakak lebih suka dgn riri
kakak harap riri yg jd adik ipar kakak...
oh pengakuan itu membuat sakit ku bertambah tp ku tutupi dgn sebuah senyuman...kak kalo riri tak jadi adik ipar,kakak masih mau jd saudara riri..
riri apapun y terjadi riri adalah bagian keluarga ini khususnya kakak..
duh sedih nya hati riri.
   Malam pun tiba riri minta diri pulang, lilo pun hantar. di sepanjang perjalanan riri membisu tp pikirannya jalan.riri tak bisa memaafkan lilo apalagi setelah tahu selingkuhannya itu di bawa kerumah juga....
         Besoknya riri call lilo,lilo merasa senang pikirnya riri dah mau memaafkannya
salah.. riri call untuk mengucapkan kata perpisahan, secepat itu riri tak sanggup memikirkannya lg mkn tak ada jodoh dngannya.
sejuta kali lilo merayu tetap riri tak bergeming dngn keputusannya....
       
          suara berisik bocah memudarkan lamunan riri.....jauh sudah berkelana ke masa lalu.riri berdiri sambil memahat azam baru di hatinya untuk memulai lembaran baru.walaupun susah melupakan masa lalu biarkan itu menjadi kenangan
kulangkahkan kaki ke arah dataran pahlawan sebuah shopping center yang terbaru...tempat yg menampakan kegembiraan ....ya yang datang smua berseri2...ku tersenyum melihat tingkah mereka...slamat datang masa depan...tamat....


buat seseorang maaf cerita pribadinya ku buat ide sebuah cerpen yg amburadul ini....


           

15 komentar:


merinding aku bacanya mbak ,keren.. keren...
keep writing mbak ;)



Waw...apik cerpennya Mbak! Salam kenal juga yah!



keren ne ceritanya..
baru ngeblog mbak?
biar tambah byk yg baca n komen disini,, banyak2in jg baca n komen ke blog orang aja mbak ^^



Ko bahasanya full melayu yah..??? :) semangat ngeblog El.. :) jangan kek saya.. :)



wew cerita nyata ya memang bilamana cerita dari dalam hati selalu mempunyai makna yang tinggi...lanjutkan semangat ngeblognya...



semoga riri segera mendapat ganti yang lebih baik dari lilo...

cerita yang bagus meski temanya sedih



kunjungan malam....
met malam.....



waaahhhh elpa ngeblog juga nih... jadi seeng.... semangad semangad... kapan-kapan kita ngepet bareng yah, aku bagian jaga lilin aja yah...



siang, elpa. mestinya namamu elva atau elpa?


Post a Comment

Followers

Design by WPThemesExpert | Blogger Template by BlogTemplate4U